Fotokimia Reduksi Ion Besi (III)

Fotokimia merupakan salah satu bagian dari ilmu kimia yang mempelajari interaksi antara atom, molekul kecil, dan cahaya atau radiasi elektromagnetik, (Alberty, 1984)

Fotokimia reduksi ion besi (III) merupakan aplikasi dari bahan-bahan kimia untuk cetak biru. Biasanya digunakan dalam studio foto. Fotokimia memanfaatkan keja cahaya dalam mem-blok objek. Atau dengan kata lain mereduksi ion besi (III). Saya pernah mempraktikkannya ketika mendapat praktikum kimia anorganik. Penasaran? Yuk langsung saja kita simak alat dan bahan yang dibutuhkan.

ALAT-ALAT :

  1. 1 buah gelas beker 400 ml
  2. Ruang gelap (almari)
  3. Keping kaca
  4. Penjepit

BAHAN-BAHAN :

  1. Asam oksalat 1M
  2. Diamonium hidrofosfat 0,1 M
  3. Larutan besi (III) klorida 0,1 M
  4. Kertas HVS dan kertas kalkir
  5. Larutan asam klorida 0,1 M
  6. Larutan K3Fe(CN)6 0,1 M
  7. Larutan K2Cr2O7 0,03 M
  8. Kertas saring

Prosedur Kerjanya sebagai berikut :

ion besi 1

ion besi2

Fotokimia merupakan ilmu yang mempelajari reaksi kimia yang diinduksi oleh cahaya baik secara langsung maupun tidak langsung. Dalam proses pencampuran bahan harus dilakukan ditempat yang gelap agar tidak mempercepat terjadinya reaksi reduksi oksidasi. Senyawa kompleks merupakan senyawa yang terdiri dari atom pusat, ligan dan bilangan koordinasi. Keberhasilan pada percobaan ini ditunjukkan dengan adanya warna biru pekat menyeluruh dan terbentuknya objek pada kertas peka. Semakin lama waktu yang diberikan untuk mereduksi Fe3+ menjadi Fe2+, warna biru dapat terlihat semakin jelas.

Dalam percobaan ini, intinya terjadi reduksi antara ion Fe 3+ menjadi Fe 2+ sehingga dapat dimanfaatkan untuk prinsip pencetakan film pada studio foto.

Ini adalah hasil dari Praktikum Fotokimia Reduksi Ion Besi III dengan variasi waktu dan intensitas penyinaran cahaya matahari.


Semoga bermanfaat dan mempermudah pemahaman bagi teman-teman yang ingin mendalami ilmu kimia lebih jauh. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>