Tutorial Software HyperChem

Perkembangan jaman menuntut kita untuk lebih maju dalam hal IT. Kali ini saya akan menyampaikan mengenai software yang membantu pembelajaran kimia dengan HyperChem 8.0. Silahkan bagi yang belum mempunyai aplikasi ini bisa mengunduhnya di sini. Jangan lupa diinstal dulu sampai pada memasukkan kode crack-nya dicopy kan ke langkah penginstalan. Kode crack dapat dibuka di folder HyperChem 8.0 kemudian buka menggunakan notepad. Setelah itu klik next atau agree sesuai perintah sampai finish. Selamat mencoba. :)

Hyperchem adalah salah satu aplikasi kimia komputasi yang relatif mudah untuk digunakan karena sifatnya yang langsung bisa menunjukkan tampilan dari apa yang hendak kita buat. Meskipun demikian ini hanyalah sekelumit tentang kemampuan Hyperchem yang bisa dimanfaatkan dalam pembuatan media belajar yang sederhana namun secara komputasi kimia dibenarkan. Tentu saja kalau semua kita lakukan dengan benar, tidak asal gambar, seperti sebelum menggunakan software layaknya Hyperchem ini.

Nah, sekarang mari kita coba menggunakan aplikasi ini. KIta akan membuat molekul CCl4 atau biasa disebut karbon tetra klorida.

1. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi HyperChem 8.0. Buka pada menu Start >> All Programs >> HyperChem 8.0. Maka akan muncul tampilan deaflut sebagai berikut:

deaflut

2. Untuk memulai membuat molekul, klik pada icon Draw di pojok kiri atas. Setelah itu munculkan icon semacam sistem periodik unsur dengan cara klik Build >> Deaflut Element >> Klik atom yang akan kita buat.

2

3. Karena kita akan membuat CCl4 maka klik pada atom C sebagai atom pusat, kemudian klik pada atom H sebanyak empat atom mengitari atom C.

3

4. Selanjutnya kita dapat mengubah bentuk tampilan dari molekul CH4. Caranya dengan klik Display >> Rendering >> Pilih mode rendering yang kita inginkan. Dalam tutorial ini saya menggunakan mode Tubes.

4

5. Molekul yang kita buat sudah jadi, namun itu belum sesuai dengan keadaan sesungguhnya secara kimia komputasi, yang dimaksudkan adalah bentuk molekul dari sudut ikatan. Untuk itu perlu optimisasi bentuk molekul.  Lakukan optimasi geometri agar bentuk molekulnya menjadi benar secara kimia komputasi dengan standar hitungan dengan menggunakan salah satu metode, misalnya di sini saya gunakan metode Molecular Mechanic. Klik menu Setup pada menu bar >> klik Molecular Mechanic hingga tercentang >> klik Ok.

6. Selanjutnya kita lakukan optimasi geomteri terhadap bentuk molekul yang kita buat. Klik menu Compute >> Geometry Optimation… >> klik Ok. Begitu menu pop-up muncul. Selanjutnya tunggu hingga proses optimasi selesai yang ditandai dengan Converged = YES. (ini ada pada bagian status bar, terletak dibagian bawah layar kerja Hyperchem.

optimiza

Dapat kita lihat bahwa setelah dioptimasi maka sudut ikatan CCl4 akan berubah.

Bagaimana? Mudah bukan? Berikut adalah tutorial video menggunakan aplikasi HyperChem. Semoga bisa mempermudah pemahaman. Selamat mencoba. 😉

One thought on “Tutorial Software HyperChem

  1. Rokhayatul Karomah

    atikel di blog ini,memberi saya pengetahuan buru tentang aplikasi HyperChem yang sebelumnya Saya tidak mengetahuinya,artikel yang bgus,Saya tunggu ilmu barunya kakak.:-)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>