Tutorial Software Chemsketch

Anda merasa kesulitan menggambar rumus struktur dari senyawa-senyawa kimia dengan menggunakan komputer. Aplikasi kimia yang ini dapat membantu mengatasi masalah Anda. Terutama untuk pembelajaran kimia di kelas khususnya pada reaksi-reaksi organik.

Software kimia sangat banyak dengan kegunaan yang berbeda-beda, salah satunya adalah aplikasi chemsketch. Chemsketch adalah software yang digunakan untuk menggambar dan memodelkan struktur molekul kimia. Dan dapat menggambarkan dalam netuk 2D atau 3D. Chemsketch dikeluarkan oleh ACD/Labs.com yang dapat diunduh secara gratis.

Cara Menggunakan Aplikasi Chemsketch adalah sebagai berikut :

1. Buka aplikasi Chemsketch yang telah diinstal sebelumnya. Lalu pilih dan klik  file “ChemSkecth” untuk memulai membuat/menggambarkan struktur dari senyawa. Berikut adalah tampilan deaflut aplikasi Chemsketch.

pilih benzena

2. Kita akan belajar membuat struktur yang sederhana terlebih dahulu, yaitu struktur senyawa Trinitro Toulena atau biasa kita kenal sebagai TNT.

3. Pertama klik pada bagian senyawa Benzena di bagian kanan >> klik untuk R-nya atau gugus fungsinya (NO2) pada posisi 1, 3, dan 5

klik No2

jadi (no2)3

4. Tambahkan gugus fungsi CH3 di nomor 2

jadi

5. Jadilah struktur molekul TNT

6. Untuk menampilkan 3D viewer dapat mengeklik menu "ACD/Labs" >> mencentang "3D Viewer (Freeware)"

7. Setelah itu copy struktur yang kita buat tadi ke 3D Viewer. Sebelumnya kembalikan tampilan struktur 2D nya dengan mengklik  1-ChemSketch  pada pojok kiri bawah.

8. Setelah itu klik 2-Copy to 3D maka akan muncul tampilan di bawah ini. Kita dapat mengganti tampilan 3D dengan mengubah menunya dari wireframe, stick, ball and stick, with dots, dan lain-lain ( silahkan dicoba sendiri 😀 )

3d molekular 3d jalan

9. Untuk menyimpan file dalam bentuk gambar, tekan Shift + F2 untuk Save As >> ubah  isian pada kolom Safe as Type  dengan “GIF Images” >> klik Save.

10. Hasil dapat dilihat pada folder penyimpanan.

Bagaimana? Anda tertarik dengan Aplikasi Chemsketch? Silahkan bisa diunduh di sini.

Berikut saya tampilkan video tutorial penggunaan Aplikasi Chemsketch. Semoga bisa membantu memahaminya karena tutorial yang saya buat masih sangat sederhana. Silahkan bisa dikembangkan sendiri. Semoga bermanfaat, :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>