Tutorial Software ChemDraw Ultra 7.0

ChemDraw Ultra versi 7.0 merupakan salah satu program aplikasi dari Chem Office, untuk menggambar struktur 2D dalam bidang ilmu kimia, terutama kimia organik, biokimia, dan polimer. Software ini dapat membantu Anda dalam menggambar struktur kimia dengan berbagai fasilitasnya, hanya dengan mengkliknya, tool tersebut akan bekerja untuk Anda.

Tool-tool dalam ChemDraw mewakili berbagai macam bentuk ikatan yang dapat anda susun menjadi struktur kimia sehingga tidaklah sulit bagi anda untuk menggambarkan struktur yang kompleks sekalipun, bahkan juga dalam berbagai bentuk konformasi dan dalam bentuk proyeksi.

Struktur-struktur tertentu yang telah umum dapat digambar secara langsung dengan mengklik tool, seperti struktur cincin benzena, siklopentana, sikloheksana dan senyawa siklis yang lain. Tool dalam ChemDraw juga menyajikan gambar struktur untuk asam amino, DNA, dan RNA yang terdapat dalam template, anda tinggal klik, membawanya ke layar, drag, maka jadilah gambar struktur anda.

ChemDraw merupakan program aplikasi untuk menggambar yang di lengkapi dengan tool-tool sehingga pengguna dapat dengan mudah membuat gambar yang diinginkannya hanya dengan mengklik tool-tool tersebut, dengan ChemDraw anda tidak akan mengalami kesulitan di dalam membuat struktur kimia. Hal ini tentu sangat membantu anda dalam menulis skripsi, thesis, karya ilmiah, ataupun jurnal, bahkan anda juga dapat mengkomunikasikan struktur yang anda miliki ke dunia web jika komputer anda di lengkapi dengan program aplikasi ChemOffice yang lain. Gambar yang telah anda buat juga dapat dengan mudah dicetak atau dibawah ke dalam program aplikasi lain seperti Ms. Word.

ChemDraw juga dapat menganalisis struktur kimia yang telah kita gambar dengan menggunakan Analys Struktur pada menu Structure, di sini anda dapat mengetahui sifat-sifat fisik struktur tersebut, misalnya, titik didih, titik leleh, berat molekul, temperatur, tekanan, dll.

Sumber : http://riotirta.blogspot.co.id/p/chemoffice.html

Selanjutnya saya akan mencoba menjabarkan untuk membuat atau menggambarkan struktur kimia dari 2-butanol dengan rumus struktur CH3CHOHCH2CH3.

1. Pastikan PC Anda sudah terinstal ChemDraw Ultra 7 atau pun versi terbaru. Jika belum terinstal, bisa mengunduh aplikasinya di sini. Cara menginslatnya juga mudah. pertama di ekstrak dulu dari bentuk zip ke bentuk folder >> klik setup >> klik next atau agree >> setelah masuk ke pengisian keygen, dll. Jangan lupa buka Serial  number ChemDraw 7.0 menggunakan notepad >> setelah itu next lagi >> finish.

2. Setelah software ChemDraw terinstal, langkah selanjutnya membuka lembar kerja dengan tampilan deaflut seperti ini.

3. Buat struktur senyawa CH3CHOHCH2CH3 pada lembar ChemDraw

4. Pilih structure pada bagian toolbar

5. Pilih structure convert to name

6. Setelah itu nama dari senyawa CH3CHOHCH2CH3 akan muncul sebagai 2-butanol.

Sebaliknya ChemDraw juga dapat menggambarkan struktur suatu senyawa dari nama senyawa tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Tulis nama suatu senyawa pada lembar ChemDraw

2. Pilih structure pada bagian toolbar

3. Pilih name convert to structure sesuai (IUPAC)

.Selain itu, aplikasi ChemDraw juga dapat digunakan untuk menggambar alat-alat laboratorium, struktur lewis, struktur protein maupun DNA tinggal didrag dan di copy paste ke lembar kerja ataupun di Microsoft Word.

Berikut adalah tutorial video untuk membuat reaksi-reaksi kimia. Semoga dapat membantu :)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>